Kebiasaan Sehari Hari yang Menyebabkan Nyeri Punggung & Cara Menanggulanginya


Kali ini saya akan mengungkapkan masalah postur bungkuk yang ternyata dikarenakan kebiasaan sehari hari misalnya saja pada saat membaca, membawa tas atau beban berat, pada saat bermain gadget dan banyak hal lainnya. Bermain Gadget pada masa ini menjadi hal yang dapat menyebabkan bungkuk, kebiasaan ini juga dapat menimbulkan nyeri pada tubuh kita. Tak heran jika banyak orang saat ini sering mengeluh sakit pada pundaknya dan punggung. Lalu bagaimanakah cara agar menghindari atau mengurangi resiko seperti itu? 

Nah inilah tips agar anda terhindari dari nyeri punggung pada saat melakukan kebiasaan yang dapat merusak tulang belakang :
  1. Saat duduk didepan laptop atau PC usahakan posisi paha harus 90 derajat, bahu kiri dan kanan harus sejajar. Kepala tidak boleh terlalu mendongak dan terlalu menunduk. Karena apabila kita melakukan posisi seperti terlalu banyak menunduk maka pada leher akan terlalu tertarik bagian sarafnya sehingga akan terjadi kekurangan oksigen dan menyebabkan nyeri. Atau jika terlalu banyak mendongak maka akan ada kontraksi otot tak sadar (spasme) yang juga akan menyebabkan nyeri pada leher dan bahu. 
  2. Posisi tangan pada saat didepan PC juga harus 90 derajat dan tangan harus rileks. biasanya salah satu pembantu pada saat ini jika kita menggunakan mouse gunakan mouse pad yang ada bantalannya. 
  3. Posisi Kaki harus menapak dan jangan menggantung. Jika ada yang terlalu menggantung maka gunakan ganjalan pada kaki kita agar kaki tidak menggantung. 
  4. Posisi monitor PC atau laptop jangan terlalu ke kiri atau terlalu ke kanan. Karena akan menyebabkan nyeri pada bagian yang terlalu besar porsinya. 

Mouse berbantalan 
Posisi yang baik saat menggunakan PC atau Laptop

Obesitas juga dapat menyebabkan postur tubuh menjadi bungkuk, karena itu jika anda memiliki obesitas maka ada baiknya jika anda mengurangi berat badan terlebih bagi anak anak. 

Bagaimana pun kebiasaan sehari hari baik menahan beban atau saat kita berdiri atau duduk akan menentukan postur tubuh anda saat ini. Dan postur tubuh yang bungkuk bukan hanya mengurangi rasa percaya diri tapi juga menimbulkan rasa nyeri misal pegal. Nah saya akan memberikan tips mengurangi nyeri pada punggung. 
  1. Hari pertama : Kompreslah bagian yang nyeri menggunakan air dingin misalnya nyeri pada leher maka kompreslah bagian leher lalu menjalar sampai kepunggung. Lakukan pengompresan ini selama 15 sampai 30 menit pada hari pertama. 
  2. Hari kedua : Setelah itu pada hari selanjutnya biasanya pembengkakan sudah mulai berkurang maka gantilah air kompresan menjadi air hangat. Anda bisa menggunakan botol air minum yang diisi air hangat untuk mengompres bagan yang nyeri tadi. Lakukan selama 15 hingga 30 menit. Jika sampai 5 hari anda lakukan pembengkakan tidak juga hilang maka segeralah konsultasikan ke dokter. 

Itulah dia beberapa cara agar menghindari gejala nyeri pada tulang belakang kita. Dan ingatlah bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Semoga info kali ini bermanfaat bagi anda dan orang-orang yang anda cintai. Sampai jumpa lagi ladiestaa... 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Informasi ala Ling-Cakwe Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting