Waspada Bahaya Dibalik Mendengkur (Ngorok) !!!





WASPADA JIKA MENDENGKUR !!!
Jika berbicara tetang tidur maka tidak lepas dengan kata kata jika tidur lelap maka akan "Mendengkur" atau "Ngorok". Pernahkan anda mengalaminya? Saya rasa semua orang pasti pernah mengalaminya apalagi bagi yang sedang kelelahan. Biasanya lebih sering dialami pada pria yaa (bukan berarti wanita tidak mendengkur hanya saja lebih banyak terjadi pada pria). Dan yang lebih hebat lagi mendengkur atau ngorok ini ternyata menjadi salah satu pemicu perceraian di Amerika Serikat nomor 3 setelah masalah ekonomi dan perselingkuhan (jadi tidak dapat dianggap sepele). 

Mendengkur dikenal dengan nama Sleep Apnea atau henti nafas pada saat tidur. Ciri-cirinya adalah mendengkur saat tidur dan rasa kantuk yang berlebihan. Sehingga orang tersebut walaupun dia sudah tidur selama berjam jam tetapi masih mengantuk dan bangun masih tidak segar maka penyakitnya dinamakan "Sleep Apnea". 

Dalam kedokteran mendengkur itu dikatakan penyakit berbahaya bukan dilihat dari suara mendengkur itu sendiri apakah besar atau kecil, melainkan dilihat dari gangguan nafas pada saat mendengkur dan ada henti nafasnya. Mengapa seperti itu? Saluran nafas tersumbat dan seolah olah dia tercekik dan sesak maka mekanisme pertahanan tubuh akan membangunkan otak akan tetapi tidak sampai terjaga (sadar). Nah bayangkan jika sepanjang malam maka penderita akan terbangun berulang kali sepanjang malam dan kualitas tidurnya malah buruk. 
Pertanyaannya adalah : 
  • Jika hal ini terjadi maka apa yang harus kita lakukan? Cara pertama adalah jika pada saat tidur kita memiliki pendamping tidur seperti istri atau suami maka lakukanlah hal berikut : 
  1. Posisikan diri pada tidur miring yang akan membuat lidah kesamping sehingga saluran nafas lebih terbuka 
  2. Jika masih terjadi maka bangunkan pasien tersebut. 


  • Penyebab dasar dari mendengkur itu apa sih?

Pada saat tidur terjadi relaksasi yang membuat saluran pernafasan menyempit sehingga melemas dan semakin rileks sehingga dia menutup. Faktornya adalah langit-langit mulut yang rendah atau pangkal lidah yang terlalu besar. 

Nah para pembaca jadi jika anda mengalami mendengkur dan sudah sangat mengganggu ada baiknya jika anda konsultasikanlah ke Dokter agar dapat diketahui apa penyebabnya dan tidur anda pun tentunya akan lebih berkualitas. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Informasi ala Ling-Cakwe Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting