Awas, Kebiasaan Memakai Lensa Kontak Dapat Mengakibatkan Kebutaan





Bagi anda yang biasa memiliki keluhan pada mata misalnya mata minus maka pastilah tidak asing dengan Lensa Kontak. Lensa Kontak dapat berfungsi sebagai alat bantu penglihatan dan juga sebagai hiasan wajah. Namun sayangnya bukan salah pada lensa kontak tetapi kesalahan terletak pada kesalah dalam pemakaian kontak lensa tersebut. Dan bukan hal yang tidak mungkin jika kesalahan ini akan berakibat pada kebutaan mata anda. Hal yang harus diwaspadai dalam hal pembelian Lensa kontak misalnya saja ada yang membeli secara online. Penggunaan lensa kontak tentunya langsung bersentuhan pada benda yang vital pada tubuh kita. Ada beberapa laporan dan penelitian bahwa beberapa lensa kontak yang dijual tidak standar badan POM mengandung beberapa Amoeba yang dapat merusak mata.
Inilah beberapa kesalahan pemakaian softlens atau kontak lensa yang biasa dilakukan oleh masyarakat adalah sebagai berikut :

1. Jarang cuci tangan. 
Kenapa harus cuci tangan? Setidaknya dengan mencuci tangan maka hal ini akan meminimalisir perpindahan kuman dari tangan kepada lensa kontak tersebut sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada kornea mata. Selain itu pada saat memakai lensa kontak tersebut perhatikan kuku anda apalagi kuku panjang, karena kuku tersebut dapat dapat menyebabkan goresan kecil pada lensa kontak yang dapat membahayakan mata anda khususnya kornea. 

2. Durasi pemakaian lensa kontak
Ada beberapa kebiasaan buruk dari pengguna lensa kontak yaitu memakai lensa kontak dalam jangka waktu yang panjang bahkan sampai di bawa tidur. Seharusnya pemakaian lensa kontak yang benar itu adalah antara 4 sampai 8 jam. Penggunaan lensa kontak itu ada yang pemakainannya bulanan, harian, tahunan dan bentuknya yang berbeda beda oleh karena itu dalam pemakaiannya haruslah dengan konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya atau dengan dokter. Jangan bawa tidur karena bisa lengket dan ada pergesekan dengan kornea yang tentunya dapat merusak mata indahmu. 

3. Cara Penyimpanan
Biasanya ada beberapa orang yang menyimpan lensa kontak secara sembarangan misalnya tidak mencuci tangan. Selain itu wadah penyimpanan lensa kontak ini batas pemakaiannya adalah dianjurkan agar diganti setiap 3 sampai 4 bulan. Wadah juga harus bersih dan juga air untuk menyimpannya adalah air khusus untuk menyimpan lensa kontak, JANGAN menggunakan air mineral. Ada beberapa orang yang kadang mencucinya bahkan menyimpan soflens dengan air mineral, itu BERBAHAYA karena ada air mineral yang mengandung cacing..!! Disaat kita akan menyimpan dan akan dipakai lagi maka harus dibersihkan. 

Nah, inilah beberapa contoh bentuk mata yang rusak karena pemakaian lensa kontak seperti : Infeksi kornea berat, alergi, infeksi fungal, amoeba keratitis. 


Dan yang lebih mengerikan lagi ternyata Amoeba ini akan MEMAKAN kornea anda sedikit demi sedikit. Penelitian di Amerika juga sudah menyebutkan bahwa 50% pengguna lensa kontak terinfeksi amoeba tersebut. 

Karena pemakaian lensa kontak ini sangat fatal maka ada beberapa tips aman menggunakan lensa kontak :
  1. Cuci tangan sebelum memasang, saat memakai dan menyimpan si lensa kontak tersebut. 
  2. Gunakan air khusus lensa kontak saat membersihkan maupun menyimpan lensa kontak. Dan pada saat mencuci usahakn untuk mengusap perlahan lensa kontak agar partikel debu dapat hilang. 
  3. Bersihkan wadah dengan air panas dan ganti wadahnya setiap 3 sampai bulan sekali. 

Beberapa hal yang berkaitan dengan kesehatan mata berawal dari apa yang anda lakukan pada mata anda sendiri termasuk itu untuk koleksi atau pun untuk mata minus. semoga info kali ini bermanfaat bagi anda ya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Informasi ala Ling-Cakwe Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting