Info Sehat "Cara Menghitung Masa Subur Wanita"


haloo ladiestaa.... Memang masa subur biasanya dibutuhkan saat seorang perempuan ingin merencanakan kehamilan. Namun sebenarnya masa subur juga dibutuhkan untuk anda yang ingin menunda kehamilan atau yang menginginkan kontrasepsi alami. Masalahnya adalah hingga saat ini banyak perempuan yang bingung bagaimana menetukan masa subur. Padahal, kalau saja mereka tahu cara menghitungnya pastilah kita tidak perlu yang namanya alat kontrasepsi karena hal ini dapat dijadikan pedoman kapan pasangan harus bercinta atau tidak. 
Cara mengetahui masa subur sebenarnya sangat mudah yaitu bisa dihitung sendiri tanpa bantuan orang lain, kita hanya membutuhkan kalender. adapun caranya adalah sebagai berikut
:


1. Catat Siklus bulanan
Langkah pertama adalah dengan mencatat siklus mentruasi. ada dua cara perhitungan yaitu : 
  • Untuk perempuan dengan siklus menstruasi teratur
Karena siklus haid normal lamanya 28 hari maka hari pertama menstruasi anda hitung sebagai hari ke-1. Masa subur dihitung mulai dari hari ke 12 hingga hari ke 16 dalam siklus haid, dengan puncaknya hari ke-14. 
Misalnya anda mendapat haid pada tanggal 3 November maka pada tanggal 3 itu merupakan hari pertama maka tanggal 15 November dihitung sebagai hari ke 12 dan tanggal 19 November adalah hari ke 16, maka masa subur anda adalah dari tanggal 15-19 November. 
PAda masa subur tersebut bagi anda yang tidak ingin memiliki anak dan tidak mau menggunakan alat kontrasepsi sebaiknya jangan melakukan hubungan bercinta dulu dengan pasangan anda dan jika tetap ingin bercinta maka gunakanlah kondom atau gunakan teknik senggama terputus. Lain lagi bagi anda yang ingin cepat memiliki anak maka laksanakanlah sunah ini sesering mungkin pada saat masa subur tersebut. *disarankan untuk pasangan yang sudah menikah ya. bagi yang belum menikah jangan coba-coba !

  • Untuk perempuan dengan siklus menstruasi tidak teratur. 
yang perlu dilakukan pertama-tama adalah dengan mencatat siklus haid sekurangnya 6 siklus. Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. 
Untuk mendapatkan hitungan hari pertama masa subur, jumlahkan hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Sementara untuk menentukan hari terakhir masa subur, jumlah hari terpanjang selama siklus haid dikurangi 11 
inilah rumusnya : 

  1. HARI PERTAMA MASA SUBUR = Jumlah hari terpendek -18
  2. HARI TERAKHIR MASA SUBUR = Jumlah hari terpanjang - 11
Misalnya, ladiestaa mendapat haid dengan siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya). Perhitungannya adalah 26 -18= 8 dan 32 -11= 21. Jadi, masa subur adalah mulai dari hari ke 8 sampai 21 dari hari pertama haid. Nah jadi tergantung kamu ya ladiestaa mau memiliki momongan atau tidak. semoga bermanfaat.. caoobelllaaa... 


2. Metode Suhu Tubuh 
Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan mencatat suhu tubuh *memang agak rumit ya ladiestaa. Caranya adalah ukur suhu tubuh kamu pada saat hari pertama haid, lalu ukur lagi pada besoknya ketika kamu bangun tidur selama kamu haid ya. Lalu suhu ini kamu catat dan dibuatlah grafiknya. dalam keadaan normal saat ovulasi suhu tubuh biasanya melonjak sekitar 0.5 derajat celcius. Suhu tubuh ini akan terus meningkat sampai masa siklus haid selanjutnya. Begitu terjadi haid maka suhu tubuh akan turun lagi 0,5 derajat celcius balik lagi ke suhu sebelum ovulasi. Lalu sekitar sehari menjelang ovulasi berikutnya suhu akan naik lagi dan terus naik turun menjelang ovulasi, dan saat haid yang terjadi secara periodik dalam setiap siklus bulanan haid. Nah saat suhu tubuh meningkat paling tinggi inilah saat yang tepat untuk melakukan hubungan se*s. cara ini memang paling sulit tetapi boleh dijadikan pedoman juga lho tetapi kalau saya lebih memilih cara yang pertama sih ladiestaa. oke deh ladiestaa semoga info ini bermanfaat ya bagi kamu. apalagi bagi kamu yang baru menikah dan ingin menjalankan program KB tanpa menggunakan alat kontrasepsi ya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Informasi ala Ling-Cakwe Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting