Cara Menghindari Susu Jika Anda Ingin Tulang Kuat





Ada beberapa dari kita mungkin yang tidak suka dengan susu atau bahkan alergi. Diakrenakan ada sebagian orang khususnya anak-anak alergi terhadap protein hewani. Nah, bagaimanakah cara kita mensiasatinya apabila kita tidak dapat mengkonsumsi susu atau protein hewani tetapi tetap ingin tulang sehat? Inilah cara mensiasatinya agar protein kita tetap terpenuhi dan tulang kita tetap kuat.

1. Konsumsi tahu dan tempe
Konsumsilah tahu dan tempe sehari-hari karena tahu dan tempe mengandung 120 mg kalsium dan mudah didapatkan dimana saja. Selain itu kandungan protein yang ada pada tahu dan tempe dapat disejajarkan dengan kandungan protein yang ada pada susu. Kedelai yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan tahu dan tempe ini memiliki kandungan protein yang apabila mentah maka dapat diolah secara efektif bagi tubuh dan bayangkan saja jika kedelai itu diolah menjadi tahu dan tempe atau susu kedelai. Tentunya kandungan yang baik ada didalam kedelai itu akan dicerna dengan baik dan diserap baik oleh tubuh.  

2. Konsumsi ikan-ikanan, seperti ikan salmon atau ikan lele.
Ikan salmon mengandung omega 3 yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang kita. Jika sulit untuk mendapatkan salmon, maka dapat kita ganti dengan ikan teri atau ikan lele karena dapat membentuk struktur tulang yang baik karena mengandung vitamin D. pada daging ikan mengandung protein yang tinggi dan vitamin yang sangat berguna untuk pertumbuhan tulang dan ketahanan tubuh. Selain daging, ternyata tulang Ikan juga mengandung kalsium dan kolagen yang sangat bermanfaat dalam membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Oleh sebab itu dianjurkan juga bila mengkonsumsi ikan baiknya di presto sehingga tulangnya juga dapat kita nikmati. 

3. Konsumsi sayuran seperti sayur Sawi, brokoli atau bayam.
Konsumsilah seharinya seikat sayuran tadi karena satu ikat sayuran hijau bisa mencukupi kebutuhan kalsium sebanyak 240 mg. Seperti brokoli, yang merupakan sayuran suku kubis-kubisan dan bermanfaat bagi kesehatan tulang. Brokoli juga merupakan sayuran dengan kandungan kalsium yang paling tinggi yaitu 180 mg.

4. Konsumsi Kacang kacangan seperti kacang almond dan kacang kedelai.
Kacang almon yang biasa digunakan sebagai makanan camilan kaya akan vitamin E. Kacang almond juga mengandung 70-80 mg kalsium. Kacang kedelai juga makanan yang mengandung kalsium yang tinggi, pada satu cangkir kacang kedelai rebus tanpa dicampur garam, maka menghasilkan kalsium sebanyak 261 mg. Selain itu, kacang kedelai juga dapat diolah menjadi makanan sehat dan nikmat seperti susu kedelai.

5. Konsumsi Pisang
Pisang merupakan salah satu jenis buah yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Hampir setiap hari kita bisa melihat beraneka ragam pisang dijual diseluruh penjuru indonesia. Namun sadarkah anda bahwa Pisang itu merupakan buah yang kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, dan kalium. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi pisang kita dapat memenuhi kebutuhan kalsium untuk pertumbuhan tulang kita. Bagi anda yang tidak suka minum susu maka konsumsilah pisang setiap harinya. 



0 komentar:

Posting Komentar

 

Informasi ala Ling-Cakwe Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting