Awas, Bahaya Tidur Di Lantai Dan Menggunakan Kipas Angin






Banyak sekali kebiasaan kecil yang sering kita lakukan sehari-hari yang tanpa kita sadari malah berdampak buruk pada kesehatan kita. Misalnya dirumah kita suka sekali bersantai dan tidur dilantai. Apa saja sih resiko dari kebiasaan yang satu ini? Apakah masalahnya?

Dari ilmu penyakit paru :
Didalam ruangan ada banyak sekali zat polutan (debu dan zat berbahaya) yang memiliki ganya berat sehingga akan mengendap di bawah yaitu permukaan lantai. Sehingga jika kita dibawah maka kemungkinan menghisap debu akan lebih banyak dibanding tempat tidur apalagi jika menggunakan karpet. 

Dari ilmu Saraf :
Jika ditelisik dari ilmu saraf, tentang kaitan antara saraf dengan kebiasaan dari tidur dilantai adalah Kebiasaan tidur dilantai dan menggunakan kipas angin yang terlalu lama bahwa efek dari angin akan masuk ke dalam rongga telinga. Nah, angin yang datang tersebut sebenarnya tidak bermasalah akan tetapi yang jadi masalah adalah virus. Virus berbahaya yang terbawa oleh angin dari kipas angin dapat masuk melalui rongga telinga yang dapat melumpuhkan sistem syaraf pada wajah yang berakibat penyakit BELL'S PALSY. Bell's Pasly itu sendiri merupakan penyakit yang menyerang saraf wajah sehingga menyebabkan kelumpuhan otot pada salah satu sisi wajah misalnya saja mulut mencong, mata tidak mau tertutup. Oleh sebab itu selalu jaga kondisi kebersihan kipas angin dan ubin lantai agar menghindari virus yang mengakibatkan Bell's Pasly tersebut. 

Jika kita tidur di dalam rumah menggunakan kipas angin dan rumah kita tidak memiliki jendela dan ventilasi yang mencukupi maka pada saat kit abernafas kita akan menghasilkan Co2 dan menghirup O2, jika Rumah kita tidak memiliki sirkulasi udara yang baik maka Kumpulan CO2 dari hasil pernapasan kita akan mengendap didalam rumah dar terus menerus terhirup oleh kita dan akan menyebabkan penyakit. 

Pertanyaannya adalah : 
1. Bagaimanakah cara mengurangi resiko dampak dari tidur dilantai dan menggunakan kipas angin??
Caranya adalah dengan membersihkan lantai dan rajinlah mngepel lantai dengan cairan desinfektan. Selain itu juga jagalah kebersihan kipas angin dari debu. Dan ada baiknya jika jangan melakukan hal seperti tidur dilantai atau menggunakan kipas angin terlalu sering. Serta selalu jagalah kesehatan fisik kita agar sistem imun kita selalu terjaga sehingga jika ada kuman, bakteri dan virus yang menyerang kita maka tidak akan mengakibatkan penyakit yang serius. 

2. Apakah tidur dilantai bisa menyebabkan paru-paru basah? 
Paru-paru basah sebenarnya adalah penumpukan cairan dalam rongga paru-paru akibat infeksi misalnya infeksi TBC atau tumor. Jadi jika tidur dilantai itu tidak akan menyebabkan paru paru basah, akan tetapi jika anda memiliki riwayat penyakit pada paru-paru maka lebih baik anda hindari tidur di lantai. 

2 komentar:

Unknown mengatakan...

mantaaabbb

Dyth mengatakan...

Oooo... aku baru taaa....uuuu.....

Posting Komentar

 

Informasi ala Ling-Cakwe Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting