Mengenal Masalah Pada Telinga yang Sering Terjadi Pada Manusia


Salah satu indra yang penting bagi manusia adalah indera pendengaran yaitu telinga. Gunanya selain mendengar indera ini juga berfungsi sebagai penjaga keseimbangan tubuh kita. Nah sadarkah anda bahwa berbagai masalah dapat terjadi pada telinga anda, misalnya telinga berdengung. Oleh karena itu kali ini saya akan membahas mengenai masalah masalah yang biasa terjadi pada telinga anda dan cara mengatasinya. 


1. Berdengung pada saat naik kendaraan (pesawat)
Gangguan ini biasanya sering dialami ketika kita naik pesawat terbang. Apakah anda pernah mengalaminya? biasanya apa yang akan anda lakukan? Dianjurkan ada yang mengatakan dengan menelan air liur atau dengan mengkonsumsi permen maka hal ini dapat teratasi. Nah, apa sih penyebabnya? Gangguan telinga cenderung terjadi pada telinga bagian tengah karena udara pada telinga tengah terganggu sehingga menyebabkan mampet. Dan yang menjaga keseimbangan tekanan pada telinga saluran Eustachius. Menjaga keseimbangan telinga (Fungsi dari saluran eustachius) yaitu dengan menelan ludah atau makan perment karet sehingga mampet pada telinga bisa diminimalkan atau bahkan hilang.

2. Telinga berdenging (timitus) 
Hal ini biasa disebabkan karena volume suara yang kita dengar terlalu keras dalam waktu yang cukup lama. Mungkin hal yang normal jika hal ini terjadi pada saat kita selesai nonton konser musik, tapi cukup berbahaya jika hal ini disebabkan karena penggunaan barang elektronik misalnya menggunakan handphone atau headset. Yang paling ditakutkan adalah apabila timitus tidak bisa sembuh/ berdengung terus menerus maka dikhawatikrkan berpotensi adanya tumor di daerah kepala/ telinga apalagi tidak ada riwayat benturan pada kepala dan leher. 

3. Adanya congek (Keluarnya cairan dari telinga)
Congek biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Penyebabnya ini bsa dari hal sederhana, misalnya dalam menggunakan cotton bud/ benda lain di dalam telinga. Penggunaan Cotton bud itu seharusnya hanya digunakan pada bagian luar telinga. Jika trlalu dalam maka kotoran pada telinga akan masuk terlalu dalam ke dalam lubang telinga dan itu malah tidak baik bagi tubuh. Pada dasarnya pertahanan tubuh manusia terutama pada telinga pada saat mandi maka dapat membersihkan kotoran pada telinga. Jika kotoran terlalu masuk kedalam maka itulah yang mengakibatkan congek (cairan keluar dari telinga). Jika anda sudah menderita gejala congek ini maka segeralah ke dokter agar mendapat pertolongan lebih lanjut. 

Nah itulah masalah telinga yang sering terjadi pada kita dan cara mengatasinya. Semoga info kali ini bermanfaat bagi anda semua. terima kasih dan sampai jumpa lagi. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Informasi ala Ling-Cakwe Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting